Upacara Sekolahku


Refleksi Upacar Bendera memliki dua hal utama dalam pelaksanaan kegiatan sekolah. Kedua hal itu terkait dengan nilai karakter utama, yang ada di dalam penguatan pendidikan karakter (PPK). Yaitu, karakter nasionalis dan gotong royong. Sekalipun sebenarnya dalam kegiatan upacara bendera termuat lima karakter utama, yang ketiga lainnya adalah religius, mandiri, dan integritas. 

Tapi, kedua nilai karakter utama yang disebut terdahulu sangat kental dengan kegiatan upacara bendera. Oleh karena itu, kedua nilai karakter utama itu yang relevan disampaikan saat refleksi di akhir kegiatan upacara bendera. 

Pertama, nilai karakter nasionalis. Bendera merah putih yang dikibarkan setiap upacara bendera, sangat dekat dengan jiwa pahlawan bangsa. Karena bendera merah putih menjiwai semangat pahlawan, berani melawan penjajah karena tujuan suci, yaitu untuk memiliki kedaulatan. Para pahlawan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia bersatu untuk mengusir penjajah.

Anak-anak harus memiliki kesatuan pengertian, pemahaman, penghayatan, dan perjuangan dalam menjaga keutuhan Indonesia. Sebab, akhir-akhir ini ada keinginan dari kelompok tertentu untuk memecah kesatuan Indonesia. 

Anak-anak yang merupakan generasi penerus harus dibentuk karakternya agar menjadi generasi yang nasionalis. Generasi yang berkarya untuk kepentingan bangsa, tidak untuk kepentingan sendiri atau kelompoknya.

Semua itu membutuhkan peran guru. Guru memiliki tanggung jawab menanamkan sikap nasionalis kepada anak-anak didik. Dan, dalam konteks kegiatan upacara bendera, penanaman sikap nasionalis itu sangat relevan. 

Selain nilai nasionalis, semangat gotong royong juga dapat dibangun melalui kegiatan upacara bendera. Petugas upacara tidak berdiri sendiri. Satu dengan yang lain saling berhubungan. Sehingga harus bekerja sama. Sekalipun tugas mereka berbeda, tetapi harus dipadukan. Karena tidak akan ada gunanya kalau mereka mementingkan bagiannya sendiri.

Semoga pelaksanaan upacara bendera menjadikan kita menjadi pribadi dengan lima karakter tersebut diatas.


0 komentar: